Senin, 30 Januari 2012

Simulator HMI dengan PLC


Human Machine Interface adalah sebuah interface atau tampilan penghubung antara manusia dengan mesin.

HMI mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • Memonitor keadaan yang ada di plant
  • Mengatur nilai pada parameter yang ada di plant
  • Mengambil tindakan yang sesuai dengan keadaan yang terjadi
  • Memunculkan tanda peringatan dengan menggunakan alarm jika terjadi sesuatu yang tidak normal
  • Menampilkan pola data kejadian yang ada di plant baik secara real time maupun historical (Trending history atau real time).
HMI memvisualisasikan kejadian, peristiwa, atau pun proses yang sedang terjadi di plant secara nyata sehingga dengan HMI operator lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Biasanya HMI digunakan juga untuk menunjukkan kesalahan mesin, status mesin, memudahkan operator untuk memulai dan menghentikan operasi, serta memonitor beberapa part pada mesin produksi.



Gambar 1

Gambar 2



Gambar 3

 
Dari materi rujukan sebelumnya yaitu edisi PENGISI BOTOL OTOMATIS, dari materi tersebut dapat kita kembangkan untuk membuat suatu tampilan HMI menggunakan CX-Designer yang nantinya akan kita simulasikan dengan program PLC Omron CX-Programmer. Untuk program HMI dan CX-P  bisa di download disini.
Pertama kita ekstrak file .zip yang setelah kita download tersebut. Lihat gambar 1 diatas. yaitu setelah kita membuka file “Pengisi Botol 2.cxp” dengan cx-programer. 

Kedua  kita click icon seperti yang ditunjukkan oleh panah merah (‘start PLC-PT intregated simulation’)

Ketiga terdapat windows seperti yang ditunjukkan pada gambar 2. Kita “Browse” file yang telah kita ekstrak tadi yaitu file HMI cx-designer dengan nama “pengisi_botol2.IPP” dan click OK.

Tunggu beberapa saat dan akhirnya program plc yang ada akan terhubung dengan simulator cx-designer secara otomatis. Selanjutnya isi nilai sesuai dengan ada di gambar 3. Yaitu box value pertama = 5, dan box value kedua = 100. Atau sesuka kita.
Tekan tombol start dan stop dan amati keadaan lampu kondisi mesin, atau juga bisa diamati pada diagram leader program PLC-nya. Silahkan otak atik sendiri untuk pengembangan program. Selamat dan sukses.

12 komentar:

  1. HMI nya merek apa bang ya--?

    BalasHapus
  2. http://jualsoftwareindustri.blogspot.com/
    monggo dikunjungi

    BalasHapus
  3. Mas minta tolong tutorial menggunakan nb designer. panel touch screen nb series ama plc cp1e. trimakasih

    BalasHapus
  4. gan, mau tanya klo mau merubah nilai DM lewat cx-supervisor caranya gmn ya?

    BalasHapus
  5. Terimakasih ilmunya,, kunjungi juga https://simenteknindo.com/news/siemens-pc-adapter-usb/

    BalasHapus
  6. Terimakasih ilmunya,, kunjungi juga https://simenteknindo.com/news/siemens-pc-adapter-usb/

    BalasHapus
  7. Mantap gan, kunjungi juga artikel automation dari saya : http://www.sulistiyocorps.com/2017/07/artikel-automation.html

    BalasHapus
  8. Omron HMI NB Series sama cerdas dan setegas tampilannya. Generasi HMI baru ini memberi Anda keandalan terbaik. Tersedia dengan ukuran layar 3,5 sampai 10 inci, seri NB tidak hanya lengkap, namun juga memiliki banyak fitur desain yang luar biasa yang akan memudahkan pembuatan aplikasi HMI yang menarik. http://www.elmecon-mk.com/article/omron-hmi-nb-series/

    BalasHapus
  9. Omron HMI NB Series sama cerdas dan setegas tampilannya. Generasi HMI baru ini memberi Anda keandalan terbaik. Tersedia dengan ukuran layar 3,5 sampai 10 inci, seri NB tidak hanya lengkap, namun juga memiliki banyak fitur desain yang luar biasa yang akan memudahkan pembuatan aplikasi HMI yang menarik.
    http://www.elmecon-mk.com/article/omron-hmi-nb-series/

    BalasHapus
  10. Bagi yang membutuhkan touch screen resistive atau capacitive untuk HMI atau Kiosk silakan hub. 08129329512 ( WA/SMS )

    BalasHapus
  11. awalnya saya tidak begitu tahu apa itu HMI sampai kemudian ada seorang kawan menginginkan dapat memonitor setiap perubahan di layar HMI dari ruang kerjanya melalui PC atau lebih ekstrem lagi.. dia menginginkan melihatnya melalui layar TV.

    saya bingung, pertama karena belum paham HMI itu apa.
    kedua, dia maksa "pokoke, piye carane tampilan HMI iso ditampilke nang layar TV".
    live, seperti tampilan cctv.

    adakah yang bisa bantu saya memberi sedikit saran, apa yg harus saya katakan kepada kawan yang rada maksa tersebut ?

    matur nuwun.

    BalasHapus