Senin, 30 Januari 2012

Simulator HMI dengan PLC


Human Machine Interface adalah sebuah interface atau tampilan penghubung antara manusia dengan mesin.

HMI mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • Memonitor keadaan yang ada di plant
  • Mengatur nilai pada parameter yang ada di plant
  • Mengambil tindakan yang sesuai dengan keadaan yang terjadi
  • Memunculkan tanda peringatan dengan menggunakan alarm jika terjadi sesuatu yang tidak normal
  • Menampilkan pola data kejadian yang ada di plant baik secara real time maupun historical (Trending history atau real time).
HMI memvisualisasikan kejadian, peristiwa, atau pun proses yang sedang terjadi di plant secara nyata sehingga dengan HMI operator lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Biasanya HMI digunakan juga untuk menunjukkan kesalahan mesin, status mesin, memudahkan operator untuk memulai dan menghentikan operasi, serta memonitor beberapa part pada mesin produksi.



Gambar 1

Gambar 2



Gambar 3

 
Dari materi rujukan sebelumnya yaitu edisi PENGISI BOTOL OTOMATIS, dari materi tersebut dapat kita kembangkan untuk membuat suatu tampilan HMI menggunakan CX-Designer yang nantinya akan kita simulasikan dengan program PLC Omron CX-Programmer. Untuk program HMI dan CX-P  bisa di download disini.
Pertama kita ekstrak file .zip yang setelah kita download tersebut. Lihat gambar 1 diatas. yaitu setelah kita membuka file “Pengisi Botol 2.cxp” dengan cx-programer. 

Kedua  kita click icon seperti yang ditunjukkan oleh panah merah (‘start PLC-PT intregated simulation’)

Ketiga terdapat windows seperti yang ditunjukkan pada gambar 2. Kita “Browse” file yang telah kita ekstrak tadi yaitu file HMI cx-designer dengan nama “pengisi_botol2.IPP” dan click OK.

Tunggu beberapa saat dan akhirnya program plc yang ada akan terhubung dengan simulator cx-designer secara otomatis. Selanjutnya isi nilai sesuai dengan ada di gambar 3. Yaitu box value pertama = 5, dan box value kedua = 100. Atau sesuka kita.
Tekan tombol start dan stop dan amati keadaan lampu kondisi mesin, atau juga bisa diamati pada diagram leader program PLC-nya. Silahkan otak atik sendiri untuk pengembangan program. Selamat dan sukses.

1 komentar: