Selasa, 08 November 2011

Belajar PLC OMRON

Gambar Bagian-bagian PLC OMRON Type CJ1M

Langsung saja, sebab di forum -forum sudah banyak membahas apa itu plc dan dasar-dasar plc. Cara mudah untuk mempelajari plc omron, salah satunya adalah dengan menggunakan program software cx-programer dan cx-simulator. dan kedua program tersebut telah terintegrasi didalam program plc omron yaitu CX-One. anda bisa mendapatkan di sini Setelah program cx-one terinstal pada komputer. kita mulai membuka cx-programer
1. Pilih new (gambar 1)
   
Gambar 1


2. Setelah itu pilih device type CJ1M dan OK. Type plc omron yang kita gunakan adalah type CJ1M, karena salah satu type tersebut nantinya kita dapat menggunakan program cx-simulator yang berfungsi untuk mensimulasi kerja operasi plc. (gambar 2)

 Gambar 2

3. Setelah itu akan muncul lembar kerja. dan mulai kita membuat leader programnya. tapi sebelumya kita setting "IO table and unit setup" doubel click pada menu tersebut, Pilih "[0000]Main rack", lanjut Pilih "00[0000]empty slot" double click dan kita memilih "Basic IO", selanjutnya pilih "CJ1W-ID211(DC input unit). yaitu slot terminal input dengan alamat memory 00 (kita gunakan sebagai input) yaitu ada 16 input.(gambar 3).
 Gambar 3

5. Setelah selesai lakukan setting seperti perintah di atas untuk slot address memory 01 yaitu : "01[0000]empty slot" di ganti dengan "CJ1W-OC211(relay output unit)" yang artinya kita menggunakan slot output relay pada address memory 01. selanjutnya buat program seperti di bawah ini (gambar 4)

Gambar 4

Pada gambar 4. diatas adalah leader untuk menyalakan output address memory 01.00 dan 01.01 secara bergantian (Flip-flop) dengan menginputkan nilai high (1) pada slot input address memory 00.00. lingkaran dan nomor warna merah menunjukkan cara kita menempatkan leader secara click and drop pada lembar program. untuk program yang sudah jadi bisa mengambil disini

6. Selanjutnya kita masuk tahap simulatornya. pada gambar 5. panah merah dengan nomor1 adalah icon untuk simulatornya. click pada icon tersebut dan tunggu beberapa saat maka simulator plc akan berjalan. Dan untuk mengetes program yang sudah kita buat, click panah nomor 2 dan isi nilai dengan 1(satu) lalu click SET. maka pada output Q 1.00 dan Q 1.01 akan bergantian menyala sesuai dengan nilai timer 1 dan timer 2.

Gambar 5

10 komentar:

  1. Semoga software ga ada kekurangan

    BalasHapus
  2. gimana cara nyambung output encoder ke PLC boss?

    BalasHapus
  3. macam mana kalu ladder diagram encoder dan PID untuk kawal speed motor guna CJ2M?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu saja edisi selanjutnya, aplikasi 'endcoder' pada PLC Omron ... . terima kasih

      Hapus
  4. minta software cx one yg bisa di instal dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. sms ke nomor yang ada di FB... mungkin saya bisa membantu terima kasih

      Hapus
  5. mas, mau tanya... kalau cara mengkomunikasikn omron CP1L ke PC 64 bit gmana ya?? sy kmrn coba, gagal trs.. drivernya gagal terinstall

    BalasHapus
  6. mohon bantuannya, gimana cara mentransfer program dari cx program ke plc CP1L? sya udah coba test (PLC >> work online) tapi gagal terus, konektor pc ke plc-nya pake rs 232c.

    BalasHapus
  7. Thanks gan atas share ilmunya
    Bagi yg minat belajar plc bisa mampir juga di
    www.control-albantani.com

    BalasHapus